ILMU SOSIAL DASAR

ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial

pengertian ilmu sosial dasar adalah sebuah kajian yang membahas tentang masalah-masalah sosial, ilmu sosial dasar diharapkan dapat membantu menganalisis dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

ilmu pengethuan sosial adalah merupakan ilmu yang mempelajari nilai-nilai atau aspek-aspek mengenai manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengajarkan kita bagaimana berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara baik dan sopan, dan menolong sesama.

Persamaan

  • keduanya sama sama membahas fakta sosial dan masalah sosial.
  • merupakan suatu bidang studi untuk program pendidikan.
  • keduanya sama sama ditujukan untuk kehidupan bermasyarakat.

Perbedaan

  • ilmu sosial dasar dipelajari di perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial dipelajari di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
  • ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari beberapa mata pelajaran sedangkan ilmu sosial dasar merupakan saru mata kuliah yang tunggal.
  • ilmu sosial dasar bertujuan untuk pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial untuk pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

Pada dasar pengelompokan ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode – metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala – gejala alam secara lebih filosofis.
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
  3. Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya.

sumber atau referensi :

http://aurisophanz.blogspot.co.id/2014/10/ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-pengetahuan.htm

http://prabowo-womanizer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s